Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 September 2011

TUGAS 1

Operating system basic

1.1.1       Overview of pc operating system
Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain
1.1.2       Pc and computer network
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnyamenggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi,program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selainitu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :

1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapatdimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga
memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk
memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka
pemakai cukup memusatkan perhatian padaharddisk yang ada pada komputer pusat.
5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta
 teknik perlindungan terhadap harddisk sehinggadata mendapatkan perlindungan yang
 efektif.
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

1.1.3       The Kernel
Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
Untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung di- load dan dijalankan diatas mesin 'telanjang' komputer, yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi. Teknik ini digunakan oleh komputer generasi awal, sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut.
Ada 4 kategori kernel:
1. Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.
2. Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
3. Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat
4. Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.
1.1.4       The User Interface
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
1.1.5       The File System
File System merupakan struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk. Ia berfungsi menyediakan mekanisme untuk penyimpanan data dan program yang dimiliki oleh sistem operasi serta seluruh pengguna dari sistem komputer.
File System terdiri dari dua bagian:
§  Kumpulan file yang masing-masingnya menyimpan data-data yang berhubungan
§  Struktur direktori yang mengorganisasi dan menyediakan informasi mengenai seluruh file dalam sistem
Masing-masing Sistem Operasi menggunakan cara yang berbeda dalam mengatur dan mengendalikan akses data dalam disk. Cara pengaturan dan pengendalian ini tidak bergantung pada spesifikasi dari perangkat keras. Misalnya suatu hard disk dengan spesifikasi yang sama dapat menggunakan  file system yang berbeda.
Struktur logika dari suatu hard disk memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja, daya tahan, dan pengembangan dari suatu disk. Penetapan file system dalam suatu disk dilakukan pada saat disk tersebut di format.
Disk umumnya terdiri dari beberapa plate. Pada setiap plate terdapat dua permukaan (surface). Setiap permukaan ini dilapisi dengan lapisan magnetis.
Setiap surface dibagi menjadi track-track. Kumpulan track pada semua permukaan yang terletak pada posisi yang sama membentuk silinder. Setiap track dibagi menjadi sector-sector. Semua sector ini mempunyai ukuran yang sama. Umumnya ukuran satu sector adalah 512 bytes. Sector merupakan unit penyimpanan data terkecil dalam disk (secondary storage).
Pada setiap permukaan terdapat head, yang berfungsi untuk membaca dan menulis data pada sector tertentu.
Setiap head ini ditempelkan pada disk arm, yang berfungsi untuk memindahkan head ke posisi track yang dinginkan. Semua arm ini bergerak bersamaan ke posisi silinder yang diinginkan.
Ketika terjadi pengaksesan file, disk arm memindahkan head ke track yang diinginkan, kemudian head akan menunggu sector yang tepat untuk diakses.
Setelah menemukan sector yang tepat head mengakses data yang terdapat pada sector tersebut.
1.1.6       Common operating system
• Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) adalah sebuah OS usang yang masih digunakan untuk mendukung aplikasi warisan bisnis.
• Microsoft Windows termasuk Windows 95, 98, ME, NT, 2000, dan XP.
• Apple Macintosh OS (Mac OS) meliputi OS 8, OS 9, dan OS X (OS 10).
• Linux termasuk distribusi dari berbagai perusahaan, seperti Red Hat, Caldera, Santa Cruz Operation (SCO), SuSE, dan lain-lain.
• UNIX termasuk HP-UX, Sun Solaris, dan lain-lain.





1.2 Microsoft Windows
1.2.1 MS-DOS
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sistem operasi yang banyak digunakan oleh IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring waktu, Microsoft juga meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft merilis versi baru dari MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS adalah salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil ketika didirikan bahasa pemrograman untuk menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.
Sejarah
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson - yang kemudian disewa oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS - pada tahun 1980 sebagai sistem operasi perangkat lunak yang disebut Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang kemudian diganti namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain untuk berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft akan membeli lisensi dengan harga kurang dari 50.000 dolar AS dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, ketika IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.
 Pembangunan
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi DOS, di mana versi IBM secara langsung dibundel dengan IBM PC disebut "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machines Komputer Personal Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS dirilis oleh Microsoft, seperti program atau utilitas yang inklusi. Oleh karena itu, versi IBM selalu lebih lambat dari versi dirilis MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi pertama dari MS-DOS benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS / 2.

1.2.2 windows NT & Windows 2000
Windows NT
Windows NT Server adalah sistem operasi untuk server yang operasinnya 32 bit sistem dari Microsoft yang merupakan nenek moyang dari sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Server 2003 dan Windows Vista.Sistem awalnnya operasi dukungan pada beberapa platform Server Mikroprosesor.Windows NT tidak dibangun dari MS-Dos (tidak seperti Windows 95) Kemampuan untuk mengamati Gb 4.
sejarah

Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM OS / 2 versi 3.0, dimana pengembangan sistem operasi Microsoft dan IBM untuk mengembangkan bersama-sama. Beberapa saat sebelum sistem operasi selesai, Microsoft dan IBM mengakhiri hubungan mereka, dan akhirnya IBM OS / 2 diabaikan. Hal ini disebabkan oleh keberhasilan sistem operasi grafis yang berjalan pada MS-
​​DOS, Microsoft Windows versi 3.0, yang terjual lebih dari satu juta kopi dalam waktu kurang dari sebulan. IBM sistem operasi OS / 2 versi 3.0 memiliki nama kode NTOS / 2. Dan akhirnya, Microsoft mengembangkan Windows NT sendirian, tanpa bantuan oleh IBM.

Selanjutnya, Microsoft merekrut beberapa orang pengembang sistem operasi dari Digital Equipment Corporation (DEC), yang keluar dari perusahaan lama sebagai hasilnya tidak senang karena ia bekerja pada proyek ini dihentikan secara paksa. Tim pengembangan yang dipimpin oleh David Neil Cutler, Sr, yang juga terkenal dengan sistem operasi VMS dan RSX/11M dari DEC. Akhirnya, proyek NTOS / 2 diubah namanya menjadi WNT.
Selama tiga tahun pengembangan, sistem operasi Windows NT akhirnya menjadi benar-benar baru. Bebas dari kode 16-bit untuk MS-DOS, mendukung operasi 32-bit, dan semua fitur yang ditawarkan oleh mikroprosesor 32-bit, seperti dapat menempatkan alamat hingga 4 Gigabyte memori, dan protected mode. Selain itu, Windows NT didesain agar kompatibel dengan sistem operasi sebelumnya, seperti MS-
​​DOS (yang dijalankan dengan menggunakan emulasi), IBM OS / 2, dan POSIX berbasis sistem operasi (yang telah berubah kodenya untuk Windows 32 - bit).
Kelebihan Windows NT Server
  1. Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
  2. Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5)
  3. Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
  4. Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
  5. Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.
  6. Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
  7. Model keamanan berbasis Domain penuh.
  8. Terdapat Layanan untuk Macintosh.
  9. Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
  10. Terintegrasi Paket Back Office.
  11. Terdapat Network Client Administrator.
.
Kekurangan Windows NT Server
1. Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
2. Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
3. Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
4. Dari kasus tersebut diatas, maka dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.


Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada tanggal 17 Februari 2000, versi sebelumnya dikenal sebagai Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Windows 2000 versi ditujukan untuk dua pangsa pasar, pangsa pasar pangsa pasar workstation dan server.

Di antara fitur dari Windows yang paling signifikan adalah Active Directory 2000, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke yang lain. Windows Terminal Service juga, yang pada Windows NT 4.0 hanya dalam satu produk tunggal saja, di server Windows 2000 terdapat dalam semua versi. Fitur baru dari Windows 98 yang diadopsi juga menanamkan di dalamnya, seperti Device Manager ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan permainan ). Windows 2000 juga merupakan versi Windows berbasis NT kernel, terakhir tapi tidak mengharuskan pengguna untuk melakukan aktivasi untuk itu.

Meskipun Windows 2000 dapat memperbarui komputer yang sebelumnya menjalankan Windows 98, Windows 2000 tidak dianggap sebagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Alasannya banyak, di antaranya adalah kurangnya device driver untuk banyak perangkat seperti pemindai pengguna (scanner) dan juga printer (printer), pada saat rilis. Situasi akhirnya berbalik pada saat Windows XP dirilis oleh Microsoft.

1.2.3 Windows 3.1
Windows 3.0 (1990) dan Windows 3.1 (1992) meningkat desain, terutama karena memori virtual dan driver perangkat loadable virtual (VxDs) yang memungkinkan mereka untuk berbagi perangkat sewenang-wenang antara multitasked DOS jendela. [Rujukan?] Juga, aplikasi Windows sekarang bisa berjalan dalam protected mode (ketika Windows sedang berjalan di Standar atau 386 Enhanced Mode), yang memberi mereka akses ke beberapa megabyte memori dan dihapus kewajiban untuk berpartisipasi dalam skema memori perangkat lunak virtual. Mereka masih berlari di dalam ruang alamat yang sama, di mana memori tersegmentasi memberikan tingkat proteksi, dan multi-tugas kooperatif. Untuk Windows 3.0, Microsoft juga menulis ulang operasi kritis dari C ke dalam perakitan.

1.2.4 Windows XP
Windows XP adalah garis dari sistem operasi grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan komputer bisnis desktop, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah singkatan dari "Pengalaman". Windows XP adalah penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun pada kernel Windows NT dan arsitektur. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi yang digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan penjualan ritel juga menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin masih tersedia untuk pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana untuk downgrade ke komputer yang belum siap untuk menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Profesional.

Windows XP tersedia dalam berbagai edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan pada kekuatan pengguna pasar, bisnis dan klien perusahaan. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform Tablet PC, yaitu komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain Intel i386, yang disebut Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor IA-64 arsitektur (Itanium) dan Windows XP Professional Edition untuk x86 x64-64 arsitektur prosesor. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang mengurangi semua fitur di sana sini untuk pasar spesifik, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.
Versi Windows berbasis NT arsitektur dikenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik daripada versi Windows 9x. Windows XP antarmuka grafis menyajikan secara signifikan didesain ulang, sampai perubahan dipromosikan oleh Microsoft sebagai lebih user-friendly dari versi Windows sebelumnya. Sebuah fasilitas manajemen software baru yang disebut Majelis Side-by-Side diperkenalkan untuk memperbaiki masalah "DLL Hell" yang sering muncul pada Windows 9x. Windows XP juga merupakan versi pertama Windows untuk menggunakan produk aktivasi "Windows Product Activation" untuk memerangi pembajakan perangkat lunak, meskipun hal ini kontroversial. Windows XP juga telah dikritik oleh beberapa pengguna untuk kelemahan keamanan komputer, integrasi dari beberapa aplikasi seperti Internet Explorer 6 dan Windows Media Player yang sangat ketat, dan untuk aspek dari standar antarmuka pengguna. Versi dengan Service Pack 2, Service Pack 3 dan Internet Explorer 8 dialamatkan beberapa kekhawatiran ini.

Selama pengembangan, proyek pengembangan Windows XP ini dikenal dengan nama sandi "Whistler", diambil dari sebuah daerah di British Columbia, karena banyak karyawan Microsoft sering melakukan ski di Whistler-Blackcomb.
Sampai dengan akhir Agustus 2009, Windows XP adalah versi yang paling banyak digunakan sistem operasi di dunia dengan pangsa pasar 66,2%, setelah memuncak pada 76,1% pada Januari 2007. Menurut sebuah laporan dari Net Applications, Windows XP pasar pengsa tertinggi mencapai 85,3% pada Desember 2006.

Keuntungan Windows Xp
1. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas tinggi dari sistem.
2. Aplikasi yang berjalan pada sistem Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
3. Menggunakan assistence jauh kita dapat memantau kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui Internet.
4. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder khusus untuk digunakan oleh pemilik sendiri.
5. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time di seluruh dunia.
6. Banyak perangkat lunak yang kompatibel.
7. Banyak perangkat lunak yang berjalan pada sistem operasi yang stabil.
8. Tidak akan ada masalah atau konflik antara perangkat lunak dan perangkat keras.
9. Instalasi perangkat lunak itu mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi lain.
Kekurangan dari windows Xp
1. Microsoft membatasi kenyamanan pihak penggunaan sistem operasi Windows XP di mana setiap pengguna harus mengaktifkan Microsoft dalam periode tertentu.
2. Tidak adanya Java Virtual Machine sebagai generasi Windows sebelumnya.
3. Harga cukup mahal licensinya.
4. Komunitas terlalu sedikit, karena itu adalah sumber tertutup.
5. Jumlah virus yang menginfeksi Windows XP.
6. Sistem yang kurang stabil.
Keunggulan Windows XP
· Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
· Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
· Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
· Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
· Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Kekurangan Windows Xp
· Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.

· Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.
1.2.5 Windows 95,98
Windows 95 dirilis pada Agustus 1995, menampilkan antarmuka pengguna baru, dukungan untuk nama file yang panjang hingga 255 karakter, dan kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi perangkat keras yang terpasang (plug and play). Itu aslinya bisa menjalankan aplikasi 32-bit, dan menampilkan beberapa perbaikan teknologi yang meningkatkan stabilitas dari Windows 3.1. Ada beberapa OEM Service Pers (OSR) Windows 95, yang masing-masing kira-kira setara dengan paket layanan.
Rilis berikutnya Microsoft adalah Windows 98 pada bulan Juni 1998. Microsoft merilis versi kedua Windows 98 Mei 1999, bernama Windows 98 Second Edition (sering disingkat dengan Windows 98 SE).
Pada Februari 2000, Windows 2000 (dalam keluarga NT) dirilis, diikuti oleh Windows Me pada September 2000 (Aku berdiri untuk Millenium Edition). Windows Me diperbarui inti dari Windows 98, tetapi mengadopsi beberapa aspek dari Windows 2000 dan dihapus "boot di DOS mode" pilihan. Hal ini juga menambahkan fitur baru yang disebut System Restore, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur setting komputer kembali ke tanggal yang lebih awal.
1.2.6 Windows GUI
Graphical User Interface (GUI) adalah salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model lain seperti Antarmuka Pengguna Karakter (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dalam hal kenyamanan (sikap), kedua model memiliki 'penganut'nya masing-masing. Penganut Cui biasanya seorang administrator sistem yang didasarkan pada sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman daripada GUI, bahkan setelah GUI di Linux berkembang pesat, mereka tetap menggunakan Cui tersebut. Penganut GUI biasanya mereka yang sudah akrab dengan sistem operasi Windows. Bagi mereka, GUI diatur dalam batu tidak bisa dinegosiasikan.
sekarang hampir semua 'ras' perangkat lunak untuk membuat GUI lebih menarik sehingga pengguna juga akan tertarik menggunakan perangkat lunak. Ia menuntut dari GUI tidak lagi user friendly, tetapi kegunaan, yang merupakan ukuran kemudahan dengan yang sistem dapat dipelajari atau digunakan, keamanan, efektivitas dan efisiensi, dan sikap penggunanya Menjelang itu, Usablity memiliki 3 aspek : learnability (mudah bagi pengguna baru untuk dapat menggunakan sistem secara efektif dan mencapai kinerja yang paling optimal), fleksibilitas (berbagai cara / model bagi pengguna dan sistem dalam pertukaran informasi), dan efektivitas / ketahanan (tingkat dukungan yang diberikan bagi pengguna untuk mencapai tujuan mereka dengan keberhasilan dan memberikan penilaian perilaku yang diarahkan oleh tujuan). Aspek ketiga adalah jika dicapai akan memberikan nilai sikap (kemudahan bagi pengguna).

Keuntungan dari GUI meliputi:
-Anda dapat membuat antarmuka lebih kaya, dan intuitif daripada yang mungkin dengan CLI.
-Sebagian besar berbaring pengguna akan memiliki kurva belajar yang lebih kecil menggunakan GUI.
-Kompleks, multi-langkah, tugas tergantung dengan mudah dapat dikelompokkan bersama-sama dengan cara yang menghambat kesalahan.
-Kemampuan untuk menanamkan Media

Kekurangan dari GUI meliputi:
Software Kembung limbah dapat memori, dan mengurangi kinerja aplikasi.
-Kadang-kadang lebih sulit untuk memungkinkan opsi lanjutan / kekuasaan dalam sebuah antarmuka "intuitif" GUI, daripada dengan CLI.
-Scripting interaksi GUI tidak mudah dilakukan kecuali hanya satu set tugas yang berulang yang tidak memerlukan banyak umpan balik, atau benar-benar menguji GUI.
1.2.7 Windows CLI
Sebuah baris perintah (CLI) adalah sebuah mekanisme untuk berinteraksi dengan sistem operasi komputer atau perangkat lunak dengan mengetikkan perintah untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Interface ini hanya teks kontras dengan penggunaan pointer mouse dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk klik pada pilihan, atau menu pada antarmuka pengguna teks (TUI) untuk memilih opsi. Metode memerintahkan komputer untuk melakukan tugas yang diberikan disebut sebagai "memasuki" perintah: sistem menunggu user untuk menyimpulkan mengirimkan dari perintah teks dengan menekan tombol "Enter" (keturunan dari carriage return ""kunci dari mesin tik keyboard). Seorang juru baris perintah kemudian menerima, mem-parsing, dan mengeksekusi perintah pengguna diminta. Interpreter command-line dapat dijalankan dalam terminal teks atau di jendela terminal emulator sebagai klien remote shell seperti Putty. Setelah selesai, perintah biasanya mengembalikan output kepada pengguna dalam bentuk baris teks pada CLI. Output ini mungkin jawaban jika perintah itu pertanyaan, atau ringkasan operasi.
Konsep CLI berasal saat mesin teletip (TTY) yang terhubung ke komputer di tahun 1950-an, dan menawarkan hasil berdasarkan permintaan, dibandingkan dengan batch teknologi kartu berorientasi mekanis menekan masukan. Dedicated berbasis teks CRT terminal diikuti, dengan interaksi yang lebih cepat dan informasi lebih terlihat pada satu waktu, kemudian terminal grafis memperkaya tampilan visual informasi. Saat ini komputer pribadi merangkum semua tiga fungsi (batch processing, CLI, GUI) dalam perangkat lunak.
CLI terus bersama-berkembang dengan GUI seperti yang disediakan oleh Microsoft Windows, Mac OS dan X Window System. Dalam beberapa aplikasi, seperti MATLAB dan AutoCAD, CLI terintegrasi dengan GUI, dengan beberapa manfaat dari keduanya.
Keuntungan dari CLI:
-Kebanyakan orang yang memiliki teknologi komputer sebagai karir yang akrab dengan menggunakan interface ini, terutama jika mereka memiliki latar belakang * nix.
-Membutuhkan batas bawah untuk antarmuka. Ini berarti bahwa program yang relatif sederhana seperti telnet (tersedia hampir di semua mesin) adalah semua yang Anda butuhkan untuk antarmuka melalui CLI.
-Mudah untuk mengintegrasikan dengan scripting, dan interface program lainnya.
-Mereka dapat cukup kuat di tangan yang tepat. Piping beberapa perintah bersamaan, parsing umpan balik, dll
-Banyak executables CLI paling umum di * nix dunia adalah porting secara konsisten, sehingga ada banyak konsistensi di seluruh sistem.

Kekurangan dari CLI:
-Tidak intuitif, terutama untuk pengguna awam.
-Tidak ada media.
Kombinasi-Kompleks bisa sulit untuk diingat, dan lebih lambat untuk mengetik (tapi itu adalah pada tugas dengan dasar tugas, seperti yang sering Anda dapat melakukan tugas lebih cepat dengan CLI)

1.2.8 Windows control panel
Control Panel adalah bagian dari antara pengguna Windows Microsoft grafis yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi pengaturan sistem dasar dan kontrol melalui applet, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, pengendalian account pengguna, dan mengubah opsi aksesibilitas. Applet tambahan dapat disediakan oleh perangkat lunak pihak ketiga.
Control Panel telah menjadi bagian yang melekat dari sistem operasi Microsoft Windows sejak rilis pertama (Windows 1.0), [1] dengan banyak applet saat ini yang ditambahkan dalam versi kemudian. Dimulai dengan Windows 95, Control Panel diimplementasikan sebagai folder khusus, yaitu folder tidak secara fisik ada, tetapi hanya berisi cara pintas ke berbagai applet seperti Tambah atau Hapus Program dan Internet Options. Secara fisik, applet ini disimpan sebagai file. Cpl. Misalnya, Tambah atau Hapus Program applet disimpan di bawah nama appwiz.cpl dalam folder system32.
Control Panel di bawah Windows 7 Control Panel adalah bagian dari antarmuka pengguna grafis Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi pengaturan sistem dasar dan kontrol melalui applet, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, pengendalian account pengguna, dan mengubah aksesibilitas pilihan. Applet tambahan dapat disediakan oleh perangkat lunak pihak ketiga. Control Panel telah menjadi bagian yang melekat dari sistem operasi Microsoft Windows sejak rilis pertama (Windows 1.0), [1] dengan banyak applet saat ini yang ditambahkan dalam versi kemudian. Dimulai dengan Windows 95, Control Panel diimplementasikan sebagai folder khusus, yaitu folder tidak secara fisik ada, tetapi hanya berisi cara pintas ke berbagai applet seperti Tambah atau Hapus Program dan Internet Options. Secara fisik, applet ini disimpan sebagai file. Cpl. Misalnya, Tambah atau Hapus Program applet disimpan di bawah nama appwiz.cpl dalam folder system32. Dalam versi terbaru dari Windows, Control Panel memiliki dua pandangan, Classic View dan Kategori Lihat, dan mungkin untuk beralih antara melalui pilihan yang muncul di sisi kiri jendela. Banyak individu Control Panel applet dapat diakses dengan cara lain. Sebagai contoh, Display Properties bisa diakses dengan mengklik kanan pada area kosong desktop dan pilih Properties. Pandangan klasik terdiri dari cara pintas ke berbagai applet panel kontrol, biasanya tanpa deskripsi apapun (selain nama). Kategori terlihat jika pengguna menggunakan "Details" tampilan. Pandangan kategori terdiri dari kategori, yang saat diklik di layar panel kontrol applet yang berhubungan dengan kategori. Pada Windows Vista, kategori menampilkan link ke applet yang paling umum digunakan di bawah nama kategori.
Bagaimana mengakses Control Panel Windows:
Jendela 2000/NT dan Windows 95/98/ME
• Pilih Mulai | Setting | Control Panel
Windows XP, Windows 2003 dan Windows Vista
• Pilih Mulai | Control Panel
Jika Anda menggunakan 'Classic' tampilan pada Windows XP dan Windows Vista
• Pilih Mulai | Setting | Control Panel
Di Vista, 'Mulai' kata hanya terlihat ketika Anda membawa lebih dari ikon 'Mulai'.
Cara mengakses Administrative Tools
Tergantung pada sistem operasi Windows yang telah diinstal, Administrative Tools dapat diakses baik melalui Control Panel atau, dalam beberapa kasus, lebih langsung.
windows 2000
• Pilih Mulai | Setting | Control Panel | Administrative Tools
windows XP
• Pilih Mulai | Setting | Control Panel | Performance and Maintenance | Administrative Tools
Jika Anda menggunakan 'Classic' tampilan
• Pilih Mulai | Setting | Control Panel | Administrative Tools
Windows 2003
• Pilih Mulai | Control Panel | Administrative Tools
• Pilih Mulai | Administrative Tools
Windows Vista
• Pilih Mulai | Control Panel | System dan Pemeliharaan | Administrative Tools
Jika Anda menggunakan 'Classic'
• Pilih Mulai | Control Panel | Administrative Tools
Windows NT
• Pilih Mulai | Program | Administrative Tools

Referensi:
windows NT:http://hestyy.wordpress.com/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan-windows-nt-series/

windows 3.1:http://jajusuf.blogspot.com/2009/11/sejarah-kelebihan-dan-kelemahan-dan.html

windows xp:id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_95

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_98

http://inf.uajy.ac.id/~sigit/2006/06/13/graphical-user-interface-gui-dari-masa-ke-masa/

http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20070528035007AAHqHVV


Tidak ada komentar:

Posting Komentar